Sabtu, 21 April 2012

Tomcat si kecil yang merisaukan warga



Siapa yang tak mengenal Tomcat, merupakan sejenis Serangga atau  Kumbang berukuran  kecil yang memiliki cairan berbisa yang dapat melukai semua orang.
Tomcat adalah salah satu jenis Serangga atau  Kumbang yang  termasuk dalam Ordo Orthoptera dan Famili Staphylinidae. Dalam bahasa Inggrisnya disebut rove beetle atau kumbang penjelajah atau pengelana karena selalu aktif berjalan-jalan. "Masyarakat menyebutnya tomcat, mungkin karena bentuknya sepintas seperti pesawat tempur Tomcat F-14.”
Ciri-ciri kumbang ini bertubuh ramping dan pada saat berjalan bagian belakang tubuhnya melengkung ke atas. Bagian kepala hewan ini berwarna hitam, sayap berwarna biru kehitaman dan hanya menutupi bagian depan tubuh. Bagian toraks dan abdomen berwarna oranye atau merah.
kumbang ini berkembang biak di dalam tanah dan di tempat-tempat yang lembab, seperti di sawah, tepi sungai, daerah rawa dan hutan. Telurnya diletakkan di dalam tanah, begitu pula larva dan pupanya hidup dalam tanah. Setelah dewasa (menjadi kumbang) barulah serangga ini keluar dari dalam tanah dan hidup pada tajuk tanaman.
Namun siapa sangka, ternyata kumbang tomcat ini adalah serangga yang bermanfaat bagi petani. Kumbang ini membantu mengendalikan hama-hama padi. Oleh karena itu, pemusnahan Tomcat tidak disarankan menggunakan bahan kimia. Tomcat juga bisa ditemukan di tanaman kedelai, jagung, kapas, tebu dan sejenisnya. Pada malam hari tomcat aktif terbang dan tertarik pada cahaya lampu.
Berikut beberapa Tips menghadapi serangga kecil tersebut, :
•    Jangan sampai terkena lendir atau racun dalam perut Tomcat, sebab itu akan membuat kulit melepuh. Jika Tomcat melekat di kulit, siram menggunakan air hingga pergi.
•    Jangan memencet Tomcat, sebab lendirnya adalah racun.
•    Jika telah terkena racun Tomcat, jangan digosok atau dihapus dengan tangan. Aliri dengan air, agar racun tersebut hilang terbawa air. Bawa ke puskesmas atau dokter untuk pengobatan selanjutnya.
•    Potong tanaman yang berlebihan dan menjulur mendekati rumah. Tanaman merupakan tempat hidup Tomcat.
•    Tutup jendela dan pintu serta hindarkan anak bermain di tempat terbuka yang banyak terdapat kumbang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar